Template Mirip Detik

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Mengatasi Serangan Keriting Pada Tanaman Cabai

By On Juni 30, 2011


Penyakit pada tumbuhan cabai, salah satunya ialah kriting daun. Kriting daun sanggup mengakibatkan turunnya jumlah produktivitas cabai, bahkan sanggup mengakibatkan kematian.

Gejala daun mengeriting pada tumbuhan cabe sanggup disebabkan oleh serangan hama Thrips dan Mite, yaitu kutu daun. Serangga menyerap cairan pada daun, terutama daun muda sehingga daun tidak sanggup tumbuh normal dan nampak mengeriting. Jika ditemukan tanda-tanda daun mengeriting ke atas maka penyebabnya ialah serangga Thrips. Sedangkan tanda-tanda daun mengeriting ke bawah maka penyebabnya ialah serangga Mite.

Gejala serangan ini banyak ditemukan pada animo kemarau, hal ini lantaran terjadi ledakan siklus hidup kutu daun. Jika kita tidak segera mengatasi serangan serangga ini maka tanaman cabai kita tidak akan tumbuh normal. Dan jikalau dibiarkan tunas-tunas gres akan mati sehingga tumbuhan tidak sanggup berproduksi dengan baik. Untuk mengatasi serangan serangga tersebut, yang sanggup kita lakukan berikut ini Tipsnya :

1.      Membuat border atau pagar disekeliling lahan budidaya cabai, border yang sanggup kita pakai ialah tumbuhan jagung atau dengan memasang pagar berupa plastik setinggi 1,5 – 2 m. Tanaman jagung ditanaman 1 bulan sebelum tumbuhan cabai. Pagar plastik dioles dengan minyak goring, biar serangga melekat pada plastik.
2.      Melakukan penyemprotan pada tanaman cabai yang terjangkit dengan air pada pagi dan sore hari. Hal ini dimaksudkan biar serangga tidak aktif untuk berkembang biak. Sehingga tidak terjadi ledakan hama.
3. Mengontrol serangga dengan menyemprot pestisida. Bahan kimia yang saya rekomendasikan ialah adonan materi aktif Abamektin dan Imidakloprit dengan perbandingan materi 1:1 .
4.      Jika tumbuhan cabe sudah terlanjur terserangan dan pertumbuhannya terlihat tidak normal maka sesudah serangga dikontrol dengan pestisida maka dilanjutkan dengan penyemprotan hormon pemacu pertumbuhan ibarat GA3,  Atonik, atau pupuk daun.  


cara menanam cabai

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »