Template Mirip Detik

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Kaliurang, Kawasan Wisata Komplit Di Kaki Gunung Merapi

By On Maret 13, 2017

Kaliurang, Daerah Wisata Komplit di Kaki Gunung Merapi

berbagai kendaraan umum ibarat bus, taksi, ojek yang mampu digunakan wisatawan untuk menuju tempat ini.


Daerah ini terletak pada kaki Gunung Merapi dan berada pada ketinggian sekitar 875 meter dari permukaan laut. Letaknya yang berada di dataran tinggi membuat suasana di Kaliurang sangat sejuk layaknya di puncak. Selain itu, wisatawan akan dimanjakan dengan lengkapnya berbagai villa dan resort yang mampu disewa dengan harga bervariatif.

Sejarah Kaliurang

Terdapat sebuah kisah yang mengawali tempat Kaliurang menjadi tempat wisata ibarat sekarang. Pada sekitar awal periode 19, sejumlah hebat geologi dari Belanda yang kala itu tinggal di Jogja tengah mencari tempat tinggal untuk anggota keluarganya.

Merekapun akibatnya mencari tempat dan menyusuri tiap jengkal tempat di Jogja hingga akibatnya tiba di tempat Kaliurang. Setibanya di tempat kaki Gunung Merapi ini, mereka terpikat dengan pesona alam serta kesejukkan udara yang dimiliki tempat ini. Hingga akibatnya diputuskanlah mereka akan menjadikan tempat ini sebagai tempat tinggal keluarganya.

Mulailah dibangun beberapa villa dan resort di berbagai tempat. Sehingga tak abstrak jikalau kini dijumpai bangunan-bangunan dengan aksitektur bergaya Belanda. Bangunan-bangunan tersebut hingga dikala ini masih dilestarikan dan menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi tempat wisata ini.

Kaliurang, Daerah Wisata Komplit di Kaki Gunung Merapi

Tempat ini juga merupakan penggalan dari sejarah Indonesia, dikala pada tanggal 13 Januari 1948 diadakan sebuah perundingan di Kaliurang antara Republik Indonesia dan Komisi Tiga Negara (KTN). KTN sendiri diwaliki oleh tiga negara yakni Belgia, Australia dan Amerika Serikat yang bertugas sebagai penengah konflik antaran Indonesia dan Belanda.


Perundingan tersebut terjadi di Wisma Kaliurang yang hingga kini bangunannya masih mampu dinikmati. Perundingan ini menghasilkan sebuah kesepakatan yang juga dikenal dengan Notulen Kaliurang. Asal permintaan dari penamaan tempat tersebut berasal dari ditemukannya sebuah sungai yang dipenuhi dengan udang. Sungai dalam bahasa jawa mampu diartikan dengan kali, sedangkan urang mampu juga artikan udang.

Pesona Wisata Kaliurang

Kaliurang telah dikenal memiliki keindahan panorama alam yang mempesona. Setibanya di tempat dataran tinggi ini, wisatawan akan disambut dengan hawa sejuk, udara segar serta hambar yang terkadang menusuk ke tulang. Tempat ini memang sangat cocok digunakan untuk mengisi waktu berlibur.

Dari tempat Kaliurang akan tersaji pemandangan megahnya Gunung Merapi yang berdiri kokoh dari kejauhan. Akan nampak panorama keindahan gunung yang luar biasa, kurang terang tertutup oleh awan biru seakan menambah keelokan gunung penuh misteri tersebut.

Sumber : http://www.tempat.co.id/wisata/kaliurang.html

Sumber https://melisatravel.blogspot.com/

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »